TINGKATKAN POPULASI TERNAK DISNAKESWAN LAKSANAKAN SINKRONISASI ESTRUS, INSEMINASI BUATAN DAN PEMERIKSAAN KEBUNTINGAN DI KECAMATAN CIRINTEN DAN MALINGPING

TINGKATKAN POPULASI TERNAK DISNAKESWAN LAKSANAKAN SINKRONISASI ESTRUS, INSEMINASI BUATAN DAN PEMERIKSAAN KEBUNTINGAN DI KECAMATAN CIRINTEN DAN MALINGPING
Hallo SobaTernak πŸ–πŸ˜„, dalam rangka meningkatkan populasi ternak di Kabupaten Lebak sekaligus memperbaiki kualitas genetis ternak keturunan yang dihasilkan dan mensukseskan program Sapi Kerbau Komoditas Andalan Negeri (SIKOMANDAN) maka Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Lebak terus menggencarkan aktivitas Inseminasi Buatan pada ternak ruminansia besar (sapi,kerbau), Pemeriksaan Kebuntingan (PKB) di desa Badur – Kecamatan Cirinten dan desa Cilangkahan-Kecamatan Malingping (17/11/22).
Inseminasi Buatan (IB) atau dalam istilah ilmiahnya disebut Artificial Insemination (AI) merupakan sistem perkawinan pada ternak ruminansia (Sapi, Kerbau, Kambing & Domba) secara buatan yakni suatu cara atau teknik memasukkan sperma atau semen kedalam kelamin ruminansia betina sehat dengan menggunakan alat inseminasi yang dilakukan oleh manusia (Inseminator) dengan tujuan agar ruminansia tersebut menjadi bunting. Semen adalah mani yang berasal dari ruminansia pejantan unggul yang dipergunakan untuk kawin suntik atau inseminasi buatan.
.
Pemeriksaan kebuntingan (PKB) merupakan salah satu tindakan yang penting dilakukan untuk mengetahui bunting atau tidaknya seekor ternak sapi/kerbau atau untuk mengetahui normal atau tidaknya saluran reproduksi ternak tersebut. Pemeriksaan kebuntingan ini juga merupakan salah satu cara untuk memonitor dan membuktikan hasil Inseminasi Buatan secara cepat dan layak.
.
Dari hasil PKB pada 20 ekor ternak Sapi Betina di Cirinten diperoleh 5 ekor ternak yang bunting dengan usia kebuntingan 1-5 bulan. Sedangkan hasil PKB pada 2 ekor ternak betina di Malingping menunjukan ternak tidak dalam kondisi bunting. Kemudian ternak yang masih belum bunting diberikan pelayanan Inseminasi Buatan untuk selanjutnya akan dilakukan PKB ulang.
Diharapkan program Inseminasi buatan yang dilaksanakan dapat meningkatkan populasi ternak dan meningkatkan kualitas mutu genetis ternak di Kabupaten Lebak.
.
.
@viajayabaya
@h.adesumardi @boedsan @ajis_suhendi14.229 @mat.yoeniar @sriherny

Terkait

Komentari

Surel Anda tetap rahasia. Kolom yang harus diisi ditandai dengan *
Anda boleh menggunakan label dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Log In
Pegawai
Harga Produk Hewan
Harga Komoditas