TINGKATKAN POPULASI PETUGAS INSEMINATOR GENCARKAN AKTIVITAS INSEMINASI BUATAN

TINGKATKAN POPULASI PETUGAS INSEMINATOR GENCARKAN AKTIVITAS INSEMINASI BUATAN
Hallo SobaTernak 🖐😄, dalam rangka meningkatkan populasi ternak di Kabupaten Lebak sekaligus memperbaiki kualitas genetis ternak keturunan yang dihasilkan maka Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Lebak terus menggencarkan aktivitas Inseminasi Buatan pada ternak ruminansia besar (sapi,kerbau) milik masyarakat di Kecamatan Wanasalam, Malingping, Cileles dan Banjarsari.
Inseminasi Buatan (IB) atau dalam istilah ilmiahnya disebut Artificial Insemination (AI) merupakan sistem perkawinan pada ternak ruminansia (Sapi, Kerbau, Kambing & Domba) secara buatan yakni suatu cara atau teknik memasukkan sperma atau semen kedalam kelamin ruminansia betina sehat dengan menggunakan alat inseminasi yang dilakukan oleh manusia (Inseminator) dengan tujuan agar ruminansia tersebut menjadi bunting. Semen adalah mani yang berasal dari ruminansia pejantan unggul yang dipergunakan untuk kawin suntik atau inseminasi buatan.
.
Tujuan dari IB adalah;
1. Meningkatkan mutu ternak lokal;
2. Mempercepat peningkatan populasi ternak;
3. Menghemat penggunaan pejantan:
Mencegah adanya penularan penyakit kelamin akibat perkawinan alam;
4. Perkawinan silang antar berbagai bangsa / ras dapat dilakukan.
.
Diharapkan program Inseminasi buatan yang dilaksanakan dapat meningkatkan populasi ternak dan meningkatkan kualitas mutu genetis ternak di Kabupaten Lebak.
.
.
@farrandrahmat
@sriherny
@dinaspertanian_banten
.
.
Sumber : https://facebook.com/400282715620439
Berita
Galeri
Kegiatan
Unduh
Log In
Pegawai
Harga Produk Hewan
Harga Komoditas