MONITORING LALU LINTAS HEWAN PADA PARENT STOCK BROILER AFKIR DI PT.CHAROEN POKPHAND INDONESIA JAYA FARM DI KECAMATAN CURUG BITUNG

MONITORING LALU LINTAS HEWAN PADA PARENT STOCK BROILER AFKIR DI PT.CHAROEN POKPHAND INDONESIA JAYA FARM DI KECAMATAN CURUG BITUNG

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Lebak, Bapak Rahmat, S.STP., M.Si bersama dengan Bidang Kesehatan Hewan & Kesehatan Masyarakat Veteriner (Keswan Kesmavet) melaksanakan kegiatan monitoring lalu lintas hewan pada Parent Stock Broiler Afkir di PT. Charoen Pokphand Indonesia Jaya Farm (Farm Lebak 7) Kecamatan Curugbitung (27/04/21).
.
Parent stock (PS) atau ayam pembibit adalah jenis ayam yang khusus dipelihara untuk menghasilkan final stock broiler (bibit ayam broiler komersil). Pada usia 65-68 minggu PS akan memasuki usia afkir sehingga biasanya PS Afkir akan dijual sebagai ayam pedaging. PS afkir yang akan dijual dan dilalulintaskan perlu mendapatkan pemeriksaan dan pengawasan dari otoritas veteriner setempat.
.
Pengawasan lalu lintas hewan dilaksanakan untuk memantau ada tidaknya suatu penyakit hewan tertentu di suatu wilayah sebagai langkah awal dalam rangka kewaspadaan dini yaitu tindakan pengamatan penyakit hewan secara cepat, pelaporan muncul dan terjadinya penyakit secara cepat serta tindakan pengamanan secara awal.
.
Bentuk hasil pemeriksaan pengawasan lalu lintas hewan adalah Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH) yang dikeluarkan oleh otoritas veteriner setempat atau dinas yang membidangi fungsi keswan dan kesmavet dalam hal ini Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Lebak. SKKH ditandatangani oleh dokter hewan berwenang di daerah setempat.
.
SKKH diperlukan untuk semua pergerakan spesies. Hewan yang akan masuk atau keluar daerah harus mengantongi SKKH, agar hewan yang masuk atau keluar tidak beresiko menyebarkan penyakit menular antar daerah.
.
@farrandrahmat
@sriherny
@laras_vet_ona
@keswan_kesmavet_distan_banten
@uptd.ppv.banten
@dinaspertanian_banten
@multatulifm
.
.
Sumber :https://www.facebook.com/1605890159646667/posts/3023659147869754/
Berita
Log In
Pegawai
Harga Produk Hewan
Harga Komoditas