KUNJUNGAN TIM DIREKTORAT KESMAVET KEMENTAN RI KABUPATEN LEBAK JADI PILOT PROJECT

KUNJUNGAN TIM DIREKTORAT KESMAVET KEMENTAN RI KABUPATEN LEBAK JADI PILOT PROJECT
 
Kepala Dinas Peternakan & Kesehatan Hewan Kabupaten Lebak, Bapak Rahmat, S.STP., M.Si menerima kunjungan tim Direktorat Kesmavet Kementan RI di ruang kerjanya.
Kunjungan tim Ditkesmavet yang diketuai oleh drh. Tjahjani Widiastuti adalah dalam rangka Supervisi Zoonosis dan koordinasi terkait Program Kader Siaga Rabies (Kasira) pada tahun 2022 dimana Kabupaten Lebak terpilih menjadi Pilot Project Kasira bersama beberapa daerah lain di Indonesia secara Nasional. Dalam kegiatan tersebut hadir pula tim dari Dinas Pertanian Provinsi Banten yang diwakili oleh Kepala Seksi Kesehatan Hewan, Ibu drh. Rina.
Kasira adalah upaya melibatkan masyarakat untuk berperan serta membantu pengendalian dan pencegahan rabies di masyarakat melalui pembentukan KADER SIAGA RABIES yang disingkat KASIRA. Pembentukan Kasira di Lebak merupakan salah satu upaya untuk mendukung Pembebasan Rabies di Provinsi Banten.
KASIRA yang terbentuk nantinya akan diberikan pembinaan melalui pelatihan tentang rabies, cara penanganan anjing, teknik penyuluhan, dan prosedur operasi baku (POB) yang dikembangkan terkait tindakan pencegahan dan pengendalian rabies serta keterkaitannya dengan Dinas yang membidangi kesehatan hewan dan kesehatan, termasuk Puskesmas.
Kabupaten Lebak pernah berupaya membentuk Kader Pembebasan Rabies (Basra) di tahun 2014 namun terhenti dan tidak berlanjut karna beberapa kendala, sehingga diharapkan program Kasira ini bisa menghidupkan kembali upaya yang telah dilakukan.
Kepala Dinas menyambut baik program ini dan berharap kegiatan ini dapat berjalan dengan baik sehingga upaya pembebasan rabies di Kabupaten Lebak & Provinsi Banten sukses, karna Rabies menjadi isu yang penting di tengah Visi Lebak menjadi daerah Destinasi Wisata Nasional.
@viajayabaya
@h.adesumardi
@boedsan @direktoratkesmavet
@farrandrahmat
@sriherny
@dinaspertanian_banten
@keswan_kesmavet_distan_banten
Berita
Log In
Pegawai
Harga Produk Hewan
Harga Komoditas