” JEMPUT BOLA ” TIM KESEHATAN HEWAN DISNAKESWAN LEBAK DAN DINAS PERTANIAN PROVINSI BANTEN LAKUKAN VAKSINASI DOOR TO DOOR DI KECAMATAN MAJA DAN RANGKASBITUNG

” JEMPUT BOLA ” TIM KESEHATAN HEWAN DISNAKESWAN LEBAK DAN DINAS PERTANIAN PROVINSI BANTEN LAKUKAN VAKSINASI DOOR TO DOOR DI KECAMATAN MAJA DAN RANGKASBITUNG

 

Tim Pelayanan Kesehatan Hewan Dinas Peternakan & Kesehatan Hewan Kabupaten Lebak bekerjasama dengan Seksi Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Provinsi Banten melaksanakan kegiatan Vaksinasi Rabies pada Hewan Penular Rabies (HPR) Anjing dan Kucing peliharaan di Kecamatan Maja & Rangkasbitung (04/10/21).

.
Untuk meningkatkan cakupan vaksinasi HPR, maka tim keswan melakukan “jemput bola” dengan melaksanakan kegiatan vaksinasi dari pintu ke pintu (door to door) di Kecamatan Maja & Rangkasbitung, selain vaksinasi dilakukan pula sosialisasi kepada masyarakat tentang bahaya Rabies dan pencegahannya.
.
Gua Maria merupakan salah satu lokasi sasaran Vaksinasi karena di tempat ini terdapat belasan populasi Anjing yang diliarkan dan tempat ini juga banyak dikunjungi oleh saudara-saudara kita umat nasrani sehingga Vaksinasi rabies menjadi sangat penting untuk melindungi anjing agar terbebas dari Rabies dan melindungi pengunjung dari ancaman penyakit Rabies yang bersifat zoonosis.
Rabies atau penyakit anjing gila adalah penyakit infeksi akut pada sistem saraf mamalia (termasuk manusia) yang disebabkan oleh virus rabies. Penyakit ini sangat mematikan dan bersifat zoonotik atau menular dari hewan ke manusia. Penularan terjadi akibat partikel virus yang berada dalam air liur hewan terinfeksi berhasil masuk ke dalam tubuh manusia atau hewan peka, misalnya melalui gigitan. Hewan yang menularkan rabies di antaranya anjing, kucing, kera, rakun, dan kelelawar. Lebih dari 99% kematian manusia akibat rabies disebabkan oleh gigitan anjing.
.
 
Meskipun sifatnya sangat mematikan, rabies bisa dicegah dengan pemberian vaksinasi. Penyuntikan vaksin rabies pada hewan merupakan kunci untuk memberantas penyakit ini.
.
@farrandrahmat
@sriherny
@keswan_kesmavet_distan_banten
@dinaspertanian_banten
.
.
Sumber : https://www.facebook.com/100069161411339/posts/174518588196854/
Berita
Log In
Pegawai
Harga Produk Hewan
Harga Komoditas