SUSU DOMBA

Disusun : Asep Rohimat

Susu adalah makanan pertama yang dikonsumsi bayi manusia atau ternak mamalia yang baru lahir. Untuk melayani kebutuhan bayi dan hewan muda, susu mempunyai komposisi semua yang mereka butuhkan. Susu dipandang dari segi peternakan adalah suatu sekresi kelenjar susu dari ternak yang sedang laktasi., dan dilakukan dengan pemerahan dengan sempurna, tidak termasuk kolostrum serta tidak ditambah atau dikurangi oleh suatu komponen. Susu mengandung zat kimia organis maupun non anorganis berupa zat padat, air dan zat yang larut dalam air, zat tersebut adalah protein, karbohidrat, lemak, mineral, vitamin dan enzim(Soeparno dkk, 2017.

            Terdapat banyak variasi dalam komposisi susu dari beragam hewan dan ternak. Produksi susu ternak didunia pada umumnya berasal dari beberapa spesies saja. Umumnya masyarakat Indonesia mengenal susu berasal dari sapi dan kambing. Tetapi ada ternak yang menghasilkan susu selain sapi dan kambing yaitu domba (Murti, 2016).

 

A. Nilai Nutrisi Susu Domba    

Dibanding susu sapi, susu domba lebih tinggi nutrisinya kaya akan vitamin A, B dan E, kalsium, posfor, potassium dan magnesium. Susu domba mengandung proposi yang tinggi asam lemak rantai pendek dan menengah. Sebagai contoh, asam lemak rantai pendek akan berdampak kecil terhadap level kolesterol pada tubuh manusia. Riset ilmuwan Jerman menyatakan susu domba mengandung lebih banyak conjucted linoleic acid (CLA) dibanding susu dari babi, kuda, kambing, sapi dan manusia. CLA berfungsi sebagai pembasmi kanker, lemaknya dapat mengurangi lemak jahat pada tubuh yang mengkonsumsinya. Butiran lemak susu domba lebih kecil dari susu sapi, hal ini menunjukan susu domba lebih mudah dicerna.

            Tabel. Komposisi Susu Berbagai Spesies

Spesies

Total Solid (%)

Lemak (%)

Protein (%)

Kalsium (mg)

Kalori (kcal)

Manusia

12,5

4,38

1,03

32

70

Sapi

12,01

3,34

3,29

119

69

Kambing

12,97

4,14

3,56

134

69

Domba

19,30

7,0

5,98

193

108

Sumber : The nutritional value of sheep milk by George F.W. Haenlein

 

B. Pengolahan Susu Domba

            Susu domba bisa dibekukan untuk disimpan sampai susu tersebut akan dijual atau diolah menjadi keju. Perlakuan pembekuan ini tidak berdampak pada kualitas pembuatan keju. Karena susu domba kadar solidnya tinggi dibanding sapi dan kambing, hasil keju yang dihasilkan 18 – 25 % dari air susu domba , sedangkan pada sapi dan kambing berkisar 9 sampai 10 %.

Sumber : google image

Sebagian besar produksi susu domba di dunia dibuat menjadi keju, suatu hal tidak lazim minum susu domba. Beberapa keju terkenal yang dibuat dari susu domba antar lain : Feta (Yunani, Italia dan Perancis) Ricotta dan Pecorino Romano (Italia) dan Roquefort (Perancis). Negara Amerika Serikat adalah negara pengimport keju susu domba paling besar dibanding yang lain.

 

PUSTAKA

  • Soeparno, R. A Rihastuti, Indratiningsih, Suharjono Triatmojo. 2017. Dasar Teknologi Hasil Ternak. Gadjah Mada University Press. Yogyakarta
  • Tridjoko Wisnu Murti. 2016. Pasca Panen Susu. Gadjah Mada University Press. Yogyakarta
  • http://www.sheep101.info/dairy.html

 

Terkait

Komentari

Surel Anda tetap rahasia. Kolom yang harus diisi ditandai dengan *
Anda boleh menggunakan label dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Berita
Log In
Pegawai
Harga Produk Hewan
Harga Komoditas