KELAHIRAN KERBAU MURRAH ( KERBAU PERAH ) HASIL INSEMINASI BUATAN ( IB )

KELAHIRAN KERBAU MURRAH ( KERBAU PERAH ) HASIL INSEMINASI BUATAN ( IB )

Assalamualaikum, Hallo SobaTernak 🖐😁, Alhamdulillah keluarga UPTD Perbibitan Dinas Peternakan & Kesehatan Hewan di Bojong Leles, Kecamatan Cibadak kembali bertambah dengan lahirnya Kerbau hasil Inseminasi Buatan (IB) dengan jenis kelamin Jantan.
.
Induk Kerbau di IB menggunakan semen (sperma) dari Pejantan Kerbau berjenis “Kerbau Murrah”. Kerbau Murrah merupakan kerbau sungai yang paling penting di India dan beberapa negara lainnya. Kerbau Murrah terdapat juga di Indonesia yang dipelihara di Sumatera Utara oleh orang-orang keturunan Sikh, India. Bangsa kerbau Murrah berasal dari India di Negara Bagian Uttar, Pradesh, Haryana, Punjab dan Delhi (Fahimuddin, 1975). Kerbau Murrah termasuk kerbau yang paling efisien dalam menghasilkan susu. Produksi susunya diperoleh sebanyak 1800 kg per laktasi dengan kadar lemak 7-8%, sedangkan lama laktasi 9-10 bulan (International Relations National Research).
.
Slide terakhir merupakan foto Kerbau Murrah di Balai Pembibitan Ternak Unggul dan HPT Siborongborong – Kementrian Pertanian RI.
.
Inseminasi Buatan (IB) atau dalam istilah ilmiahnya disebut Artificial Insemination (AI) merupakan sistem perkawinan pada ternak ruminansia (Sapi, Kerbau, Kambing & Domba) secara buatan yakni suatu cara atau teknik memasukkan sperma atau semen kedalam kelamin ruminansia betina sehat dengan menggunakan alat inseminasi yang dilakukan oleh manusia (Inseminator) dengan tujuan agar ruminansia tersebut menjadi bunting. Semen adalah mani yang berasal dari ruminansia pejantan unggul yang dipergunakan untuk kawin suntik atau inseminasi buatan.
.
Tujuan dari IB adalah;
1. Meningkatkan mutu ternak lokal;
2. Mempercepat peningkatan populasi ternak;
3. Menghemat penggunaan pejantan:
Mencegah adanya penularan penyakit kelamin akibat perkawinan alam;
4. Perkawinan silang antar berbagai bangsa / ras dapat dilakukan.
.
.
@viajayabaya
@h.adesumardi @farrandrahmat
@sriherny
@dinaspertanian_banten
@diskominfolebak
Berita
Log In
Pegawai
Harga Produk Hewan
Harga Komoditas